For More Info. Please Call 021 - 848 5657 or 0813 1085 0038 (Mobile). Thank You

Sudah Punya Kompresor? Cari Tahu Berapa Liter Kapasitas Terbaik Tangkinya

Bagi pengusaha yang dalam pengelolaan bisnisnya menggunakan kompresor, mengetahui kapasitas tangki air receiver tentu merupakan hal penting, baik itu pressure tank 1000 liter, 500 liter, atau bahkan 50.000 liter. Pasalnya, udara yang terkompresi membutuhkan kapasitas yang sesuai agar kompresor bisa bekerja maksimal dan tidak membahayakan penggunanya. Untuk lebih detail, simak ulasan berikut ini. Kompresor dan Kapasitas Tangki Air Receiver Terintegrasi dengan air pressure tank, kompresor merupakan perangkat mekanik yang berfungsi menciptakan dan mengaliri udara bertekanan. Dalam kehidupan sehari-hari, kompresor dapat ditemukan pada blow gun untuk membersihkan kotoran & debu yang susah terjangkau atau pada nail gun untuk memasang paku di dinding.

Selain terdapat juga pada spray gun untuk memudahkan proses pengecatan, pada sandblaster, air ratchet wrech (pengencang baut), air drill (bor), dan lainnya. Adapun untuk kebutuhan industri, penghasil udara bertekanan tinggi ini banyak digunakan sebagai mesin pneumatik atau sebagai bagian dari mesin, seperti pada turbin gas, mesin pendingin, dan masih anyak lagi. Dalam proses kerjanya kompresor terintegrasi dengan sebuah tanki yang disebut air receiver tank. Tangki ini bertugas menahan tekanan udara (high pressure) yang terkompresi. Adapun kapasitas tiap tangki berbeda-beda tergantung besarnya tekanan dan kecepatan motor mesin. Jika kapasitasnya tidak sesuai, maka mesin tidak akan bekerja dengan baik.

Ukuran tekanan yang dihasilkan oleh kompresor tentu berbeda-beda tergantung dengan kebutuhannya. Hal ini tentu membutuhkan kapasitas tangki yang sesuai. Itu sebabnya tersedia berbagai jenis ukuran tangki air receiver. Mulai dari Pressure tank 1000 liter, 2000 liter, dan seterusnya. Daya tampung kapasitas kompresor beragam dari 500 liter, 1.000 liter, 1.500 liter, 2.000 liter, 2.500 liter, 3.000 liter, 4.000 liter, 5.000 liter, 6.000 liter, 8.000 liter, 10.000 liter, 20.000 liter, 24.000 liter, 30.000 liter, 35.000 liter, sampai 50.000 liter dan bahkan lebih sesuai kebutuhan. Bagaimana Mengetahui Kapasitas Terbaik Tangki Kompresor? Tekanan tinggi atau high pressure (HP) dan kekuatan putar mesin dalam satuan kilowatt menentukan kapasitas yang paling sesuai untuk sebuah kompresor.

Ketiganya saling memengaruhi satu sama lain. Compressor tank perlu memenuhi kebutuhan udara untuk dapat disimpan dengan aman dan digunakan dengan baik. Keseluruhan sistem tidak dapat berfungsi dan bahkan dapat menyebabkan kecelakaan apabila kapasitas tidak sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan kompresor. Simulasinya, kompresor dapat mengeluarkan tekanan atau HP (high pressure) mulai dari 10 sampai 100. Bila ada kebutuhan yang lebih besar dari itu, maka dibutuhkan tangki kompresor lain. Anda bisa menggunakan 2 atau lebih kompresor tergantung dengan kebutuhan. Tekanan terendah dengan 10 HP yang disertai dengan 7.5 Kilo watt (KW) paling cocok untuk tangki berkapasitas 0,5 meter kubik atau sama dengan 500 litter. Ada juga tekanan berukuran sedang yang berkisar antara 40 sampai 60 HP. cara terbaik untuk menyimpannya adalah dengan pressure tank 1000 liter sampai 3000 liter.

Tekanan terbesar dari HP hanya sampai 100 HP. Dengan demikian bila ada usaha yang butuh tekanan yang lebih besar dari pada 100 HP maka ukuran kapasitas terbaiknya perlu dibuat secara costumized. Opsi lain untuk mengakomodasi tekanan yang sangat besar tersebut adalah menduplikasi tangki kompresor. Semoga bermanfaat! Contoh penggunaan kompresor berukuran besar adalah pada mesin hidrolik. Tekanan yang melebihi 100 HP (High pressure) perlu menyesuaikan kecepatan roda motor untuk mendapatkan kapasitas terbaiknya. Ada perhitungan yang detail dan akurat untuk memutuskan untuk menggunakan kompresor berdasarkan liter kapasitasnya. Yang perlu dicermati, bukan ukuran tangkinya yang menjadi tolok ukurnya, namun besarnya tekanan yang dihasilkan. Jadi, ukuran kapasitas kompresor yang paling baik adalah yang sesuai dengan besar tekanan yang akan disimpan dalam tangkinya.

Nah, bagi yang membutuhkan pressure tank untuk kebutuhan usaha atau pabrikasi, Anda dapat memilih produk-produk tangki dari Penta Tank Herindo. Produsen lokal ini menyediakan berbagai varian tangki dengan berbagai pilihan kapasitas. Anda pun dapat memesannya secara kustom sesuai kebutuhan. Jangan khawatir dengan kualitasnya karerna Penta Tank Herindo hanya menggunakan material-material berkualitas dan dikerjakan oleh tenaga-tenaga ahli bersertifikasi dari Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Perusahaan ini pun sudah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015.

Untuk Konsultasi lebih lengkap dapat menghubungi pihak Sales / Marketing Penta Tank Herindo Head Office Giant Pondok Gede Office Complex Blok E No. 5 Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi Manufacturing Plant Jl. Raya Perjuangan Km. 8 Babelan Bekasi Utara Email pentatank@gmail.com tangkiangin@yahoo.com Phone 0813 1085 0038 / 021 - 848 5657 (phone & fax) Fax 021-8460417, 8488267

https://pressuretank.co.id

Other Articles

5 Alasan Perlunya Air Receiver Tank untuk Membantu Mesin Kompresor Angin
Pressure Tank Apakah Sama dengan Air Receiver Tank, Compressor Tank, dan Hydrophore Tank ?
5 Keuntungan Menggunakan Pressure Tank dan Compressor Tank Penta Tank
Apakah Benar Tangki Import China Lebih Bagus daripada Tangki Buatan lokal Penta Tank Herindo ?
Memahami Sand Filter dan Carbon Filter Secara Terperinci Penta Tank
Hot Water Tank, Berikut Penjelasan Singkatnya!
Yuk, Ketahui Lebih Lanjut Apa Itu Tangki Solar Serta Fungsinya
Mau Tahu Air Receiver Tank Secara Lengkap? Simak Di Sini!
Apa Itu Pressure Tank dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Kegunaan dan Sistem Pressure Tank Jakarta Penta Tank Herindo