For More Info. Please Call 021 - 848 5657 or 0813 1085 0038 (Mobile). Thank You

Apakah Pressure Tank Bisa Meledak?

Apakah Pressure Tank Bisa Meledak?

Apakah Pressure Tank Bisa Meledak?

Pompa akan bekerja secara lebih optimal jika dipasang pressure tank (volume100 - 10000 L) tergantung kebutuhan. Baik itu pompa sumur, pompa jet, atau pompa semi jet, jika dipasang pressure tank maka akan meminimalisasi terjadinya masalah. Jadi air dapat dialirkan secara stabil jika dipasang pressure tank.

Jika di dalam rumah atau gedung dinyalakan beberapa kran sekaligus dalam satu waktu, maka air yang mengalir lebih stabil dan bisa menghemat pemakaian daya listrik. Manfaat lainnya adalah rumah akan lebih tenang karena pressure tank (volume100 - 10000 L) mengisi air dengan waktu otomatis dengan jeda tertentu.

Jika Anda sedang mencari pressure tank, pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih detail mengenai jenis pressure tank yang tepat, Anda dapat bertanya pada pihak yang jual pressure tank. Salah satu brand pressure tank yang bisa Anda pilih adalah Penta Tank Herindo.

1.   Apa Itu Pressure Tank?

Pressure tank atau tangki tekan merupakan tangki yang dapat memuat cairan dan ada juga yang dilengkapi membran dan tanpa membran pada bagian dalamnya. Tangki tekan biasanya dipasang di saluran keluar atau saluran output pompa. Anda dapat menggunakan pressure tank (volume100 - 10000 L) pada portable water supply sistem, pressure booster system, sprinkler system, expansion system dan sebagainya.

Pressure tank yang memiliki membran di bagian dalamnya. Membran ini bertugas dalam menjaga ketahanan volume pressure tank. Jadi, misalnya tangki berisi cairan dan hanya dipakai sedikit saja, pompa tidak perlu bekerja dan begitu pula dengan pressure switch. Oleh karena itu pressure switch tangki tetap terjaga daya tahannya.

2.    Fungsi Pressure Tank

Pressure tank (volume100 - 10000 L) berfungsi sebagai penstabil tekanan cairan pada tiap-tiap kran. Jika kran dibuka, tekanan cairan pada pipa menjadi turun secara perlahan. Hal tersebut terjadi karena terdapat cadangan tekanan pada tangki bagian dalam yang menekan cairan menuju pipa.

Dari tekanan tersebut jika sampai 2 bar kemudian pompa otomatis hidup serta menaikkan tekanan pada pipa serta tangki. Jadi, jika dilakukan pemasangan pressure tank, terdapat jeda yang cukup lama antara pompa mati hingga pompa hidup.

Lamanya jeda bergantung dari seberapa besar volume tangki tersebut. Jika jeda waktu tersebut lumayan lama, maka tekanan cairan menjadi cenderung landai sehingga keran akan bekerja lebih stabil. Manfaat lainnya adalah daya listrik yang digunakan juga lebih hemat.

3.    Cara Kerja Pressure Tank

Ada beragam jenis pressure tank (volume100 - 10000 L) yang bisa disesuaikan dan disetting oleh pemilik. Misalnya Anda dapat mengatur switch tekanan pada 2 bar pompa hidup serta 4 bar air berhenti. Saat belum hidup, tekanan di tangki masih 0 bar. Pompa kemudian memberikan tekanan pada air sampai 4 bar dan tekanan udara dalam tangki tersebut bisa mencapai angka 4 bar.

Setelah itu pompa akan mati. Kemudian jika terdapat keran yang dibuka, tekanan air menurun misalnya menjadi 3 bar. Tekanan udara pada pompa juga turun misal mencapai 2 bar. Saat itulah pressure tank (volume100 - 10000 L) bekerja lagi sampai tekanan 4 bar.

4.     Apakah Pressure Tank Bisa Meledak?

Setiap tangki memerlukan pressure tank supaya stabil. Paling tidak jika beberapa kran dinyalakan secara bersamaan, maka air bisa keluar lebih stabil. Namun apakah presure tank meledak bisa terjadi? Mungkin saja terjadi ledakan pada pressure tank. Misalnya terdapat kasus berupa plat baja yang digunakan terlalu tipis atau bahan tangki terlalu tipis. Di sisi lain tekanan di dalam tangki semakin besar.

Sebetulnya bukan terjadi ledakan yang besar. Kemungkinan yang terjadi hanya sampai jebolnya tangki karena bahannya terlalu tipis. Namun, tetap saja hal ini akan memengaruhi penggunaan tangki tersebut.

5.     Masalah yang Biasa Terjadi pada Pressure Tank

Pada intinya jika Anda memasang pressure tank, maka terdapat jeda cukup lama antara pompa mati dengan saat pompa hidup. Pompa bekerja tergantung dari seberapa kapasitas volume tangki tersebut. Dengan begitu tekanan air lebih stabil.

Meskipun Anda mengeluarkan uang untuk membayar harga pressure tank saat membeli, namun nantinya tetap hemat karena harga listrik akan lebih murah. 

Anda akan lebih hemat karena pressure tank bisa menghemat daya listrik. Penta Tank Harindo sebagai brand pressure tank dengan volume 100 - 10000 Liter bisa menjadi pilihan bagi Anda. Jika berminat untuk melakukan pembelian pressure tank (volume100 - 10000 L) hubungi Ibu Ella WA. 081310850038 dan email pentatank@gmail.com.

 

https://pressuretank.co.id

Other Articles

5 Keuntungan Menggunakan Sand Carbon Filter Tank
5 Perbedaan Tangki Besi dan Tangki Fiber? Penta Tank
Kenapa Umur Tangki Pressure Penta Tank 5 Tahun, Kenyataannya Bisa Sampai 11 Tahun!?
5 Alasan Perlunya Air Receiver Tank untuk Membantu Mesin Kompresor Angin
Pressure Tank Apakah Sama dengan Air Receiver Tank, Compressor Tank, dan Hydrophore Tank ?
5 Keuntungan Menggunakan Pressure Tank dan Compressor Tank Penta Tank
Apakah Benar Tangki Import China Lebih Bagus daripada Tangki Buatan lokal Penta Tank Herindo ?
Sudah Punya Kompresor? Cari Tahu Berapa Liter Kapasitas Terbaik Tangkinya
Memahami Sand Filter dan Carbon Filter Secara Terperinci Penta Tank
Hot Water Tank, Berikut Penjelasan Singkatnya!